LATEST NEWS

Awal Sejarah Microsoft Office Serta Perkembangannya

Author - November 4, 2014

Bagi masyarakat masa kini yang sudah terbiasa berhubungan dengan komputer, nama “Microsoft Office” bukan lagi sesuatu yang asing karena hampir setiap hari piranti lunak tersebut kita gunakan. Awal Sejarah Microsoft Office dimulai dari terciptanya Microsoft Office 1.0 pada 19 November 1990 dan terus berkembang hingga terciptanya purwarupa Office 16 yang mungkin akan diberi nama Office 2015 dan berencana dirilis pada musim semi tahun 2014.

Awal Mula Microsoft
Jika kita berbicara tentang “Microsoft,” tidak akan bisa lepas dari sosok yang ada di belakangnya yaitu William Hery Gates III atau yang lebih dikenal dengan nama Bill Gates. Bill Gates lahir di Seattle, wilayah Washington, tanggal 28 Oktober 1955. Ayahnya, William H. Gates, Sr. bekerja sebagai pengacara dan ibunya, Mary Maxwell Gates bekerja sebagai board director di First Interstate BancSystem dan United Way.

Awal Sejarah Microsoft Office Serta Perkembangannya

Yang menjadi langkah pembuka sejarah Microsoft Office  adalah saat Gates menginjak kelas delapan, dimana Mothers Club di sekolah tersebut membeli terminal ASR Teletype Model 33 dan blok waktu komputer di komputer dari Genral Electric untuk para murid sekolah. Hal ini kemudian menjadi awal ketertarikan Gates pada pemrograman sistem GE yang menggunakan BASIC dan ia diperbolehkan tidak mengikuti kelas matematika demi mengejar hobinya tersebut. Setelah donasi dari mothers club berakhir, mencoba-coba sistem lain termasuk minikomputer DEC PDP, dimana salah satu PDP-10 adalah milik Korporasi Pusat Komputer (CCC) yang akhirnya melarang Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans menggunakannya lagi setelah mereka tertangkap basah mengeksploitasi bug pada sistem operasi tersebut.

Pada Januari 1975, Gates menginisiasi kontak dengan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS) yang menciptakan mikrokomputer dan mengatakan bahwa ia sedang mengerjakan interpreter BASIC untuk platformnya. Meskipun berbohong, emulator Altair yang mampu berjalan di komputer mini dapat diselesaikan, lalu selesai juga interpreter BASICnya. Demonstrasi kedua interpreter tersebut berlangsung di Albuquerque dan sukses besar, membuat MITS merekrut Gates dan Paul Allen. Nama yang mereka pilih untuk kemitraan tersebut adalah “Micro-soft” dan pada 26 November 1976, nama Microsoft resmi didaftarkan.

Setelah memutuskan hubungan kemitraan dengan MITS, pada bulan Juli 1980 IBM menghampiri Microsoft dengan membawa contoh komputer personal yang akan mereka rilis yang bernama IBM PC. Pada awalnya, IBM meminta Microsoft untuk membuat interpreter BASIC. Saat utusan IBM menyebutkan mereka membutuhkan sistem operasi, Gates menyarankan untuk menggunakan CP/M yang dibuat oleh Digital Research (DRI) tapi komunikasi berjalan a lot. Beberapa minggu setelahnya, Gates kembali menyarankan mereka untuk menggunakan 86-DOS yang dibuat oleh Seattle Computer Products (SCP). Pada tanggal 20 November 1985, Microsoft akhirnya merilis versi retail pertama dari Microsoft Windows dan pada bulan Agustus 1986 bekerjasama dengan IBM untuk membuat sistem operasi baru bernama OS/2, yang meskipun selesai membuat kemitraan mereka agak terganggu.

Sejarah Microsoft Office dan Versi-Versinya
Sejarah Microsoft Office serta perkembangannya baru dimulai secara resmi pada 19 November 1990 dimana Office for Windows (yang juga sering disebut sebagai MS Office 1.0) dirilis untuk digunakan bersamaan dengan Windows 2.0. Versi Office pertama ini berisi Word 1.1, Excel 2.0, dan PowerPoint 2.0. Sebelum adanya Office 1.0, isi dari paket Office ini dijual terpisah untuk MS-DOS, dan alat input utamanya hanyalah keyboard karena di masa itu, mouse adalah sesuatu yang tidak dimiliki oleh semua orang. 4 Maret 1991 menandakan rilisnya Microsoft Office 1.5 dimana pada paket ini mereka meningkatkan versi Excel menjadi Excel 3.0. Versi Excel yang baru ini mereka klaim jauh lebih baik dari Excel 2.0 karena mereka mendengarkan permintaan pengguna dan mengintegrasikannya dengan ide Excel yang pernah ada. Pada Excel baru juga ditambahkan toolbar yang mempermudah pengguna melakukan segala sesuatu dengan satu klik. Beberapa bulan setelah rilis, Microsoft Office 1.6 dirilis dengan penambahan piranti lunak yang diberi nama Mail 2.1.

Versi baru dari Microsoft Office tidak keluar hingga 30 Agustus 1992, dimana saat itu mereka memberikannya nama Microsoft Office 3.0 yang dirilis dalam versi CD-ROM dan memuat Word 2.0c, Excel 4.0a, PowerPoint 3.0, dan Mail. Nantinya, versi ini diganti namanya menjadi Microsoft Office ’92.

2 tahun berlalu tanpa ada versi baru yang dirilis, dan pada Juni 1994 akhirnya muncul Microsoft Office 4.0 yang di dalamnya terdapat Word 6.0, Excel 4.0, dan PowerPoint 3.0. Pada tahun yang sama, tepatnya tanggal 2 Juni, Microsoft Office 4.3 dirilis dan menjadi versi 16-bit yang terakhir. Microsoft 4.3 mencakup Word 6.0, Excel 5.0, PowerPoint 4.0, Mail 3.2, dan yang hanya ada dalam versi Pro, Access 2.0. Pada 3 Juli 1994, sebuah versi baru dirilis dan diberi nama Office for NT 4.2 yang di dalamnya terdapat Word 6.0, Excel 5.0, PowerPoint 4.0, dan Microsoft Office Manager.

Sejarah Microsoft Office memasuki babak baru dengan dirilisnya Office 95 yang bersamaan dengan rilisnya sistem operasi Windows 95. Baru sejak versi inilah, seluruh aplikasi MS Office memiliki versi yang sama, dan dalam kasus Windows 95 versi yang digunakan adalah 7.0.

1 tahun adalah waktu yang dibutuhkan Microsoft untuk merilis Office 97 (8.0) dengan medium rilis CD-ROM dan dalam set yang berisi 45 3½ floppy. Service Release 2 dikeluarkan untuk mencegah kerusakan karena Y2K. Sejarah Microsoft Office serta perkembangannya terus berlanjut dan merilis Office 2000, XP, 2003, 2007, 2010, 2013, dan sedang mempersiapkan yang mungkin akan diberi nama Microsoft Office 2015.