LATEST NEWS

Informasi Penting Tentang Sejarah Perkembangan Komputer

Author - October 25, 2014

Pada zaman modern sekarang ini komputer telah menjelma menjadi sebuah teknologi yang sangat dibutuhkan setiap orang untuk menjalankan fungsi pekerjaan sehari-hari. Baik itu di perusahaan, sekolah, dan semua organisasi bisnis lainnya telah menerapkan teknologi terkomputerisasi untuk menunjang proses kegiatan mereka. Namun tahukah anda bagaimana sejarah perkembangan komputer tersebut dari masa ke masa ? Untuk itu pada kesempatan kali ini Kumpulan Sejarah akan menjelaskan kepada anda mengenai sejarah perkembangan komputer tersebut.

Komputer merupakan sebuah alat dengan banyak kegunaan, dan dapat diberi beberapa perintah pemrograman untuk menyelesaikan operasi logika maupun aritmatika secara otomatis. Sejarah perkembangan komputer dimulai dengan dibuatnya alat bantu hitung mekanik, dan kata “komputer” digunakan pada orang-orang yang mengoperasikan alat tersebut. Komputer modern yang pertama diketahui berasal dari abad ke-19, dan baru muncul ke permukaan di tahun 1940.

Informasi Penting Tentang Sejarah Perkembangan Komputer

Perkembangan Komputer Dari Masa ke Masa
Konsep komputer yang mampu diprogram muncul dari seorang insinyur mekanik dan seorang polymath Inggris bernama Charles Babbage. Konsep komputer mekanik pertama yang ia buat dan kembangkan pada awal abad ke-19 memberikannya julukan “bapaknya komputer”. Ide awal komputer ditemukan oleh Babbage pada saat ia mengerjakan difference engine pada tahun 1833 dan menyadari bahwa desain yang lebih umum bernama Analytical Engine mampu diciptakan. Masukan akan diterima mesin melalui punched cards dan untuk keluarannya butuh sebuah alat cetak, curve plotter, dan bel. Mesin tersebut menggunakan logika unit aritmatik, control flow yang terbentuk dari conditional branching dan loop, dan memori terintegrasi, membuatnya menjadi komputer dengan kegunaan umum yang pertama, yang di masa modern bisa disebut dengan Turing-complete.

Sayangnya, pada masa itu sejarah perkembangan komputer modern harus terhenti karena mesin yang diciptakan oleh Babbage terlalu canggih. Semua bagian yang dibutuhkan oleh mesin itu harus dibuat sendiri, dan menjadi masalah karena mesin tersebut butuh ribuan bagian. Akhirnya dengan keputusan pemerintah Inggris, proyek mesin tersebut digagalkan, dan pendanaan dihentikan. Kegagalan Babbage ini tidak hanya karena masalah politik atau finansial, tapi juga nafsunya untuk membuat mesin yang sangat rumit. Meski begitu pada tahun 1888, Henry Babbage, anaknya, mampu menyelesaikan versi lebih simpel dari mesin tersebut, dan berhasil mendemonstrasikannya pada tahun 1906.

Awal abad ke-20 merupakan tahun-tahun dimana komputer-komputer analog banyak dikembangkan sehingga kebutuhan komputasi ilmiah dapat terpenuhi meskipun komputer-komputer analog ini tak dapat diprogram dan akurasinya tidak dapat dibandingkan dengan komputer digital. Komputer analog modern pertama merupakan sebuah mesin prediksi ombak yang diciptakan pada tahun 1872 oleh Sir William Thomson. Komputer analog mencapai masa keemasan saat penganalisa diferensiasi dibuat oleh H.L. Hazen pada tahun 1972, sebelum akhirnya mereka tidak mampu melakukan komputasi yang terlalu rumit.

Sejarah perkembangan komputer modern kembali dituliskan kali ini oleh Alan Turing dan dituliskan dalam sebuah paper berjudul “On Computable Numbers” yang dipublikasikan pada tahun 1936. Turing mereformulasi hasil penelitan Kurt Godel pada tahun 1931 dan menggantikan bahasa formal milik Godel dengan bahasa yang lebih simpel dan hipotetikal dimana mesin itu nanti dikenal dengan nama mesin Turing. Terlebih lagi, ia juga menyetuskan ide tentang mesin universal yang sekarang dikenal dengan nama Mesin Turing Universal, dimana idenya adalah sebuah mesin mampu mengerjakan pekerjaan dari mesin lain, dan memungkinkan mesin tersebut untuk diprogram.

Komputer digital pada masa awal masih merupakan sebuah saklar elektromekanik untuk melakukan kalkulasi. Mesin-mesin ini bekerja dengan kecepatan yang sangat rendah, dan akhirnya dikalahkan oleh komputer elektrik yang pada masa itu menggunakan tabung vakum. Contoh mesin komputer digital pada masa itu adalah mesin yang diciptakan oleh Konrad Zuse pada tahun 1939, dan bernama Z2. Pada tahun 1941, Zuse membuat mesin baru yang bernama Z3, komputer elektromekanik digital pertama yang mampu diprogram. Z3 dibuat dengan 200 relay dan menerapkan word length sepanjang 22 bit yang bekerja pada frekuensi clock 5 hingga 10 Hz. Kode dan data untuk program mampu disimpan pada sebuah punched film. Zuse juga berhasil menggantikan sistem desimal yang gagal diterapkan oleh Babbage, mengingat teknologi yang ada pada masanya sudah lebih maju. Z3 merupakan contoh sebuah mesin yang Turing-complete.

Sirkuit elektrik kemudian menggantikan sirkuit lainnya, dan pada saat yang sama komputasi digital mampu mengalahkan komputasi analog. Pada tahun 1930, seorang insinyur yang bekerja untuk Post Office Research Station di London mulai bereksperimen dengan penggunaan alat elektronik untuk pertukaran telepon yang akhirnya sukses pada 1934 dengan menggunakan banyak tabung vakum. Di Amerika Serikat, sebuah mesin bernama Atanasoff-Berry Computer (ABC) sudah menjalani proses pengujian. Mesin yang dibuat oleh John Vincent Atasanoff dan Clifford Berry itu juga menggunakan 300 tabung vakum.

Perang Dunia ke-2 berhasil membuat Inggris mampu memecahkan komunikasi terenkripsi tentara Jerman yang dibuat menggunakan Enigma. Enigma diserang dengan menggunakan bombe elektromekanik. Tentara Inggris kemudian berniat untuk memecahkan sandi Jerman yang paling sulit, yaitu Lorenz SZ 40/42 yang digunakan untuk komunikasi tentara tingkat tinggi dengan menggunakan mesin yang disebut Colossus. Colossus dikerjakan selama 11 bulan dari bulan Februari 1943 dan siap dikirimkan menuju Bletchley Park pada 18 Januari 1944.

Halaman baru dalam sejarah perkembangan komputer adalah penggunaan teknologi transistor yang menggantikan tabung vakum pada tahun 1955. Munculnya transistor membentuk generasi kedua komputer yang bentuknya lebih kecil serta membutuhkan daya yang juga lebih kecil dibanding komputer sebelumnya. Benda lain yang menjadi batu loncatan berkembangnya komputer adalah penemuan sirkuit terintegrasi (IC) yang pertama, dicetuskan oleh seorang ilmuwan radar, Geoffrey W.A. Dummer. IC pertama dibuat oleh Jack Kilby pada tahun 1958, dan terus menjadi bagian penting dalam perkembangan komputer di masa depan.

Mulai tahun 1990, era komputer modern dimulai dengan adanya bentuk komputer yang lebih kecil dan memiliki kekuatan yang lebih besar. Seiring berjalannya waktu, laptop mulai diciptakan dan menjadi salah satu pengganti komputer karena kemampuannya untuk dibawa kemana-mana. Dan kini, yang mulai ramai dibicarakan adalah ponsel pintar yang jika diteliti secara saksama hanyalah sebuah komputer sangat kecil yang dibuat menyerupai ponsel.