LATEST NEWS

Inilah Sejarah Awal Munculnya Android yang Menuai Sukses

Author - October 27, 2014

Android merupakan sebuah sistem operasi dengan kernel Linux sebagai basisnya dan saat ini sedang dikembangkan oleh Google. Android yang memiliki antarmuka pengguna yang fokus kepada direct manipulation ini diciptakan untuk perangkat mobile yang memfasilitasi layar sentuh seperti ponsel pintar, komputer tablet, televisi dengan antarmuka pengguna khusus seperti Android TV, mobil (Android Auto), dan kini jam tangan (Android Wear). Sejarah Android dimulai dengan berdirinya Android, Inc. di Palo Alto pada tahun 2003 dan terus berlanjut bahkan ketika dibeli oleh Google pada tahun 2005.

Sejarah Terciptanya Android
Sejarah Android dimulai pada bulan Oktober 2003, dimana Andy Rubin, Chris White, Nick Sears, dan Rich Miner, bekerjasama untuk membuat sesuatu yang oleh Rubin disebut “sebuah perangkat mobile yang lebih pintar hingga bisa tahu lokasinya dan kegemaran pemakainya”. Untuk awalnya, sistem operasi ini akan digunakan sebagai sistem operasi dari kamera digital yang canggih. Ide tersebut batal ketika mereka menyadari bahwa pasar kamera digital tidak begitu besar, dan mereka mengubah haluan dengan membuat sebuah sistem operasi ponsel pintar untuk mengalahkan Symbian dan Windows Mobile yang saat itu merajai pasar. Di tahun itu juga Rubin kehabisan uang, dan Steve Perlman memberikannya uang tunai $10.000 yang disimpan dalam sebuah amplop.

Inilah Sejarah Awal Munculnya Android yang Menuai Sukses

Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google melakukan akuisisi terhadap Android Inc. dan tetap mempekerjakan orang-orang penting seperti Rubin, Miner, dan White. Pada saat akuisisi dilakukan, meskipun banyak orang yang tidak mengetahui tentang Android inc., orang-orang menganggap gerakan yang dilakukan Google menandakan bahwa mereka akan memasuki pasar ponsel pintar. Di Google, tim development yang dipimpin oleh Rubin berhasil menciptakan sebuah perangkat mobile yang menggunakan kernel Linux. Platform ini kemudian dipasarkan oleh Google kepada pembuat-pembuat handset dan penyedia layanan telekomunikasi, menjanjikan sebuah sistem yang mampu diupgrade dan fleksibel.

Sejarah Android memasuki babak baru dengan selesainya sebuah purwarupa dengan nama “Sooner” yang sangat mirip dengan ponsel Blackberry. Purwarupa tersebut tidak memiliki layar sentuh, dan hanya ada papan ketik QWERTY tapi kemudian disesuaikan untuk bisa menyokong layar sentuh, demi berkompetesi melawan LG Prada di tahun 2006 dan iPhone milik Apple di tahun 2007. Pada September 2007, InformationWeek mengabarkan tentang adanya hak paten yang didaftarkan oleh Google di bidang telepon Mobile.

Pada tahun 2007 tepatnya pada 5 November, diadakan sebuah konsorsium yang mengundang beberapa perusahaan teknologi termasuk Google dan pembuat perangkat mobile seperti HTC, Sony dan Samsung, hingga penyedia layanan telekomunikasi seperti T-Mobile dan Sprint Nextel, dan tidak ketinggalan pembuat chipset seperti Qualcomm dan Texas Instrument. Pada konsorsium itu, mereka memberi tahu bahwa mereka akan membuat sebuah standar terbuka untuk perangkat mobile, dan Android dipilih sebagai produk pertama mereka. Ponsel komersial pertama yang memiliki Android sebagai sistem operasinya adalah HTC Dream yang dirilis setahun berikutnya, pada 22 Oktober.

Sejarah Versi-Versi Android
Versi pertama yang menjadi awal sejarah Android diberi nama Alpha, dan bukan merupakan rilis komersil. Pada masa versi Alpha inilah maskot android pertama kali dibuat dan akhirnya digunakan. Versi Alpha kemudian berevolusi menjadi versi Beta yang dirilis pada 5 November 2007. Tanggal ini dianggap sebagai tanggal lahir Android, karena pada masa ini juga versi beta Android dirilis untuk publik.

Pada tanggal 23 September 2008, versi pertama yang dirilis secara komersil dirilis dan saat itu hanya bernama Android 1.0. Fitur-fitur yang diberikan juga hanya fitur-fitur dasar seperti Android Market, penjelajah web, kamera, sistem folder, akses e-mail, sinkronisasi Google, aplikasi-aplikasi Google, Youtube, Voice Dialer, status bar dengan notifikasi, serta fitur-fitur ponsel lainnya seperti telpon dan SMS/MMS. Pada 9 Februari satu tahun kemudian, Android 1.1 terkenal dengan nama julukan “Petit Four” dirilis demi menyelesaikan masalah bug yang terjadi pada versi sebelumnya. Fitur tambahan adalah timeout layar yang lebih lama saat menggunakan speakerphone dan kemampuan untuk menyimpan lampiran pada pesan.

Versi 1.5 dirilis pada tahun yang sama dengan versi 1.1. Versi 1.5 yang dikenal dengan nama “Cupcake” memperkenalkan nama versi yang selanjutnya digunakan terus-menerus untuk mengidentifikasi nomor versinya. Cupcake menambahkan fitur-fitur seperti rotasi otomatis dan fitur salin-tempel pada penjelajah web. Versi 1.6 yang bernama “Donut” dirilis beberapa bulan setelah Cupcake dirilis, tepatnya pada 15 September 2009. Fitur tambahan pada Donut yang paling berkesan mungkin adalah sistem pemilihan banyak foto untuk dihapus dan sokongan untuk resolusi layar WVGA.

Sejarah Android terus bergulir hingga sekarang dengan rilisnya versi-versi baru yang terus dikembangkan:

  • Android 2.0 (Eclair) dirilis pada 26 Oktober 2009, dilanjutkan dengan 2.0.1 dan 2.1 dengan nama yang sama pada 3 Desember 2009 dan 12 Januari 2010.
  • Android 2.2 hingga 2.2.3 bernama Froyo dan dirilis pada 20 May 2010.
  •  Android 2.3 hingga 2.3.2 dengan nama Gingerbread dirilis pada 6 December 2010 dan disempurnakan dengan 2.3.3 hingga 2.3.7 pada 9 Februari 2011.
  •  Honeycomb yang merupakan Android 3.0 dirilis sebagai android yang hanya bisa digunakan untuk tablet pada 22 Februari 2011.
  •  Android 4.0 sampai 4.0.2 yang bernama Ice Cream Sandwich dirilis pada 18 Oktober 2011 dan disempurnakan lewat Android 4.0.3 dan 4.0.4 pada 16 Desember 2011 dan 29 Maret 2012.
  •  Android 4.1 dengan codename Jelly Bean rilis pada 9 Juli 2012 dan disempurnakan dengan Android 4.2 dan 4.3 yang masing-masing dirilis pada 13 November 2012 dan 24 Juli 2013.
  •  Android 4.4 yang awalnya bernama Key Lime Pie berganti nama menjadi KitKat dan dirilis pada 31 Oktober 2013
  • Android 5.0 dengan nama Lollipop akan dirilis pada 3 November 2014.

Demikian tadi artikel singkat yang membahas mengenai sejarah awal munculnya android dan perkembangannya dari pertama kali diciptakan hingga sampai saat ini. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua mengenai sejarah smartphone android yang menuai sukses ini. Baca juga artikel menarik lainnya hanya di Kumpulan Sejarah.