LATEST NEWS

Sejarah Berdirinya Youtube – Situs Berbagi Video Daring Terbesar

Author - December 2, 2014

Youtube yang merupakan salah satu situs berbagi video daring (dalam jaringan) terbesar di dunia ini diprakarsai oleh tiga orang mantan pegawai PayPal di tahun 2005 untuk membuat media sosial dimana pengguna bisa mengunggah video. 3 mantan pegawai Paypal tersebut membuatnya pada tanggal 14 Februari 2005. Awalnya, situs ini merupakan sebuah situs yang dipegang secara independen oleh ketiga pemiliknya yang bernama Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim sebelum akhirnya pada akhir 2006 situs ini dibeli oleh Google. Situs ini memberikan pengguna kebebasan untuk mengunggah konten mereka sendiri seperti video klip, klip TV, video musik, hingga video blogging dengan teknologi HTML5 dan Adobe Flash Video yang digunakan. Dalam prakteknya, pengguna situs ini tidak hanya masyarakat biasa, tapi juga media korporat semacam BBC, CBS, Hulu, Vevo, dan berbagai macam organisasi lainnya. Untuk dapat menyaksikan video yang diunggah ke dalam situs Youtube, seseorang tidak perlu menjadi pengguna, meski begitu untuk menyaksikan video yang dinilai agak ofensif dibutuhkan konfirmasi umur.

Sejarah Berdirinya Youtube - Situs Berbagi Video Daring Terbesar

Perjalanan Pertama Youtube
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tinta sejarah lahirnya Youtube dituliskan oleh tiga orang mantan pegawai PayPal yang bernama Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Sebelum bekerja di PayPal, Hurley melakukan studi di bidang desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim sama-sama menekuni studi mereka di bidang sains komputer di University of Illinois, Urbana-Champaign. Ketika baru pertama kali bekerjasama, tempat yang mereka pilih sebagai kantor pusat berada di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di daerah California.

Domain Youtube.com pertama kali aktif pada tanggal 14 Februari 2005 dan dalam beberapa bulan situs tersebut mulai berkembang lebih jauh. Para perancang situs tersebut memberikan sebuah preview situs ini kepada publik di bulan Mei, 6 bulan sebelum Youtube memulai debut resminya. Sejarah berdirinya Youtube sendiri sebenarnya berhutang besar kepada para angel investor seperti misalnya Sequoia Capital yang menginvestasikan 3,5 juta dollar US. Nantinya, Reolof Botha yang merupakan partner dari Sequioa dan mantan CEO PayPal memutuskan untuk bergabung dalam deretan direktur YouTube. Video yang pertama kali diunggah di situs tersebut berjudul “Me at the zoo” yang menunjukkan Jawed Karim ketika ia sedang ada di kebun binatang San Diego. Video yang diunggah pada bulan April 2005 tersebut masih bisa ditonton hingga saat ini.

Sejarah berdirinya Youtube mulai memasuki babak baru pada musim panas tahun 2006 dimana Youtube masuk dalam deretan situs yang berkembang paling cepat dengan statistik pengunggahan video baru yang angkanya lebih dari 65.000 per hari, ditambah dengan penyajian 100 juta lebih video per harinya. Menurut survei, situs ini ada di peringkat 5 website terpopuler dan jauh mengalahkan MySpace dalam perkembangannya. Setiap bulan juga situs ini berhasil menjaring 20 juta pengunjung, dimana menurut Nielsen/NetRatings, 44% dari angka tersebut adalah wanita dan 56% sisanya adalah laki-laki. Di tahun yang sama juga mulai terjadi partnership yang akan mengubah jalur perkembangan Youtube, yaitu partnership di bidang marketing dan pengiklanan bersama NBC.

Pada tanggal 9 Oktober 2006, sebuah berita mengejutkan muncul dari Google, sebuah perusahaan super besar di Amerika yang berkutat khusus di bidang penyajian jasa berbasis internet, perusahaan tersebut berniat membeli YouTube dengan harga total 1,65 miliar US dollar dalam bentuk saham. Perjanjian pembelian yang kemudian menjadi titik balik baru dalam sejarah berdirinya Youtube ini terjadi setelah Youtube mengajukan tiga perjanjian dengan perusahaan media lainnya untuk menghindari permasalahan copyright. Bahkan setelah dibeli oleh Google, Youtube tetap berniat untuk melanjutkan kegiatan mereka secara independen, yang akhirnya disetujui oleh Google dan merupakan akuisisi Google yang terbesar kedua. Di tahun yang sama juga, Youtube mendapatkan kesempatan menjadi Person of the Year dari majalah Time, dan oleh majalah PC World Youtube dinobatkan sebagai produk terbaik nomor 9 dalam “10 Produk Terbaik Tahun 2006”.

Perkembangan Youtube yang Terus Berlanjut
Pencapaiannya pada tahun 2006 tidak membuat Youtube merasa puas karena pada tahun berikutnya, tertulis banyak perjanjian penting dalam sejarah berdirinya Youtube. Pada awal 2007, mulai diberikan Youtube Awards yang merupakan penghargaan tahunan kepada video Youtube terbaik dari tahun sebelumnya yang dinilai lewat vote pengguna. Pada tanggal 23 Juli dan 28 November di tahun yang sama, Youtube bekerja sama dengan CNN untuk menayangkan debat presidensial di Amerika antara Demokrat dan Republik. Di bulan November juga Youtube membuat sebuah kerjasama dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang memberikan perusahaan tersebut kebebasan untuk mengunggah full length film eksklusif bioskop maupun episode dari serial tv, sebuah gerakan yang dipercaya oleh orang banyak untuk berkompetisi dengan Hulu yang terlebih dahulu menyajikan bahan-bahan tontonan dari NBC, Fox, dan Disney. Pada bulan Maret 2010, Youtube kembali mengembangkan sayap mereka dan memulai streaming beberapa konten eksklusif yang sementara baru bisa dinikmati oleh masyarakat Amerika seperti Indian Premier League yang merupakan penyiaran daring gratis pertama dari sebuah acara olahraga yang besar.

Pada tanggal 31 Maret 2012, situs Youtube dirilis ulang dengan desain yang baru. Desain baru ini dibuat untuk simplifikasi antarmuka dan meningkatkan jumlah waktu yang dihabiskan oleh pengguna di situs tersebut. Pada bulan Mei di tahun yang sama, dilaporkan bahwa Youtube sudah menyajikan lebih dari 2 triliun video per hari. Di Mei tahun 2011, Youtube kembali melaporkan bahwa statistik penyajian video per hari mereka naik menjadi 3 triliun video dan pada tahun 2012 menjadi 4 triliun video per hari, mencatat satu lagi kejadian penting dalam sejarah berdirinya Youtube.

Demikian penjelasan singkat mengenai awal sejarah berdirinya Youtube hingga perkembangannya sampai saat sekarang ini. Semoga artikel tadi dapat menjadi cerita sejarah yang menginspirasi dan menambah wawasan pengetahuan anda semua. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca halaman di website kami Kumpulan Sejarah.